Mengenal Sosok Dalilah Muhammad, Atlet Muslim Wanita Pendobrak Sejarah

Pernahkah Anda mendengar nama Dalilah Muhammad?  Dalilah Muhammad merupakan Seorang atlet muslim wanita yang berhasil mendobrak sejarah di dunia olahraga Amerika Serikat. Nama besarnya mulai terangkat setelah berhasil meraih emas di Olimpiade 2016 yang berlangsung di Rio de Janeiro, Brazil. 

Mengenal Lebih Dekat Sosok Dalilah Muhammad 

Dalillah Muhammad menjadi satu-satunya apa perempuan muslim pertama Amerika Serikat yang berhasil meraih emas di ajang Olimpiade tahun 2016 tepatnya di Rio de Janeiro,  Brazil.  Muhammad adalah salah satu dari 2 atlet muslim dari Negeri Paman Sam yang mana berhasil meraih medali di Rio de Janeiro pada saat itu.  peraih medali emas asli Muhammad adalah Ibtijaj Muhammad yang juga mendapatkan medali perunggu dari cabang olahraga anggar. 

 Muhammad adalah salah satu dari 2 atlet muslim pengeluaran hk 2020 dari Negeri Paman Sam yang berhasil meraih medali di Rio De jenerio dan menjadi salah satu peraih medali muslim pertama wanita. Dalilah Muhammad mendapat emas pada nomor lari gawang 400 meter cabor atletik tepatnya di Olimpiade 2016 yang lalu.

Karena kesuksesan yang diraihnya tersebut, Iya pasang nya juga tercatat menjadi wanita pertama Amerika Serikat yang berhasil memenangkan medali emas Olimpiade di nomor lari gawang 400 meter.  ketika dirinya ditanya oleh media bagaimana perasaannya, ia menjawab, “Rasanya luar biasa menjadi perempuan pertama yang menang di lari gawang Olimpiade. Amerika Serikat punya banyak sekali atlet yang bagus.”

“Tentu saja menjadi bagian di dalamnya merupakan sebuah kehormatan. rasanya gila dan sulit untuk dipercaya bisa menang Olimpiade,” sambungnya dalam YouTube Team USA, yang diunggah pada bulan Agustus 2016 yang lalu. 

Pada tahun 2019, Dalilah Muhammad juga berhasil menuai prestasi dengan memecahkan rekor dunia atas namanya sendiri di lari gawang 400 meter tepatnya di ajang Kejuaraan Atletik Dunia yang berlangsung di Doha. pada saat itu catatan waktu yang ditorehkannya yaitu 52,16 detik.

Sering Dapatkan Komentar Negatif atas Keputusannya Tak Berhijab

Kesuksesan Muhammad di dunia olahraga pun mulai menginspirasi para wanita,  khususnya wanita muslim yang lainnya. Namun tidak seperti rekannya, Ibtihaj Muhammad, Dalilah Muhammad, tak mengenakan hijab. Keputusannya ini juga yang sering sekali mengundang komentar dari banyak orang. 

“Banyak orang berkata kepada saya, ‘Kamu bukan muslim stereotip.’ Akan tetapi, banyak sekali muslim dan kami mengekspresikan agama kami dengan jalan yang berbeda. Mungkin Ibu saya takut dengan kondisi ini, apalagi Sekarang saya banyak menjadi sorotan publik. Sementara ayah saya tidak masalah. Dia malah ingin dunia melihat para muslim dengan beragam perbedaan. Mereka beragam tapi punya keyakinan yang sama,” katanya dikutip dari CNN Indonesia. 

Muhammad sendiri adalah salah satu putra dari muslim moderat di Amerika Serikat dan lebih tepatnya dia menyebut sebagai Muslim atau liberal. Sedangkan sang ayah, Askia, adalah salah satu imam masjid di kampung halamannya di Queens.  jadi muslim di Amerika Serikat menurutnya cukup berat. dirinya harus bekerja dua kali lipat lebih keras ketimbang atlet-atlet kompatriotnya yang lain. 

Muhammad pernah membagikan cerita nya dimana saat itu ia merasa kesulitan karena mama yang disandangnya tersebut. nama tersebut sering sekali menjadi stigma bagi orang-orang yang beragama lain saat ia berpergian ke luar negeri. “Salah satu perwakilan sponsor saya di Nike, sempat khawatir saya berpergian  ke luar negeri hanya karena Nama saya.  Itu  juga membuat saya sedikit cemas karena saya sering berpergian. Dan menyandang nama Muhammad memang sedikit membuat saya takut,” ujarnya.

Sekarang dia merasa dirinya bisa lebih vokal dalam menyuarakan identitas sebagai Muslim perempuan sesudah namanya menjadi tenar.  Bahkan,  dirinya mengaku bahwa Tanami virus Corona ini membuat dirinya menjalani bulan Ramadan lebih khusyuk daripada biasanya.  selama wabah virus Corona ini Olimpiade 2020 yang rencananya dilangsungkan di Tokyo pasalnya harus diunduh tahun depan.  persiapan yang telah dilakukannya pun juga ikut molor.  Namun demikian dirinya mencoba melihat sisi positif dengan situasi sulit yang terjadi sekarang ini, yakni, setidaknya dirinya senang bisa berkuasa secara penuh selama Ramadhan. 

Category: